Cara Menanam Tanaman Herbal di Pekarangan Rumah dengan Mudah

Memahami cara menanam tanaman herbal di pekarangan rumah akan membuat Anda bisa melakukannya sendiri. Bercocok tanam menjadi salah satu aktivitas yang dapat Anda lakukan ketika berdiam diri di rumah.

Biasanya orang-orang di rumah akan lebih banyak menanam tanaman hias dibandingkan tanaman herbal. Padahal, Anda juga bisa mulai menanam tanaman herbal di beberapa titik rumah Anda.

Ketika menanam tanaman herbal, maka Anda bisa berhemat dalam pembelian rempah yang menyehatkan. Berbagai jenis tanaman herbal bisa Anda coba budidayakan di rumah sendiri untuk mengisi lahan kosong.

Tentunya tanaman herbal dapat tumbuh dengan baik sesuai perawatan yang dilakukan. Perawatan tanaman herbal pastinya memiliki beberapa perbedaan dari perawatan tanaman hias pada umumnya yang Anda temui.

Selain itu, beberapa tanaman herbal yang ditanam di rumah juga bisa untuk meningkatkan kualitas udara. Karena hal itulah Anda perlu memahami cara menanam tanaman herbal agar dapat tumbuh dengan baik.

Apalagi jika Anda baru pertama kali mencoba membudidayakan tanaman herbal, maka penting untuk memahaminya. Tentunya hal ini juga bertujuan untuk menghindarkan Anda dari kerugian bibit yang ditanam.

Cara Menanam Tanaman Herbal dengan Mudah

Beberapa langkah perlu Anda pahami sebelum memulai untuk bercocok tanaman herbal. Berikut ini beberapa langkah menanam tanaman herbal yang bisa dilakukan dengan mudah di pekarangan rumah Anda.

  1. Pilih tanaman

Cara menanam tanaman herbal pertama yang harus dilakukan adalah memahami jenis tanaman apa yang akan ditanam. ­Anda bisa membeli beberapa benih tanaman yang akan ditanam sesuai dengan keinginan Anda.

Untuk mendapatkan bibit tanaman, Anda bisa membelinya secara online ataupun datang langsung ke toko tanaman. Anda sebaiknya memilih jenis tanaman yang dapat tumbuh sepanjang tahun.

  1. Pilih pot

Setelah menentukan jenis tanaman yang akan dipilih, maka Anda bisa menentukan tempat atau media tanamnya. Anda bisa memilih menggunakan pot ataupun menanamnya secara langsung di tanah.

Akan tetapi, sebaiknya Anda memilih pot yang memiliki lubang drainase. Tujuannya agar tanah yang digunakan tidak akan terlalu basah yang kemungkinan besar membuat tanaman cepat membusuk.

  1. Pastikan terkena sinar matahari

Jika Anda memanfaatkan pot untuk media tanam, maka perlu memastikan tanaman mendapatkan sinar matahari yang cukup. Anda perlu memposisikan tanaman pada pencahayaan yang cukup untuk pertumbuhannya.

Anda juga bisa meletakkan tanaman di dekat jendela agar lebih mudah terkena sinar matahari. Anda perlu memastikan tanaman herbal terkena panas selama 5 jam untuk pertumbuhannya.

Sementara itu, terdapat beberapa jenis tanaman yang tidak bisa terkena sinar matahari terlalu lama. Jika Anda menanam jenis tanaman seperti ini, maka perlu menyesuaikan posisinya agar bisa tumbuh dengan baik.

Langkah Awal Bercocok Tanam Tanaman Herbal

Selain beberapa cara menanam tanaman herbal yang telah dijelaskan, terdapat beberapa langkah lain yang perlu Anda lakukan. Berikut ini beberapa langkah awal untuk bercocok tanam tanaman herbal.

  1. Siram dan beri pupuk

Setelah melewati ketiga langkah sebelumnya, Anda perlu merawat tanaman herbal dengan asupan air dan pupuk yang cukup. Anda perlu secara rutin untuk memberikan air dan pupuk ini.

Anda juga perlu memastikan agar tidak memberikan air secara berlebihan. Selain itu, pastikan memberikan pupuk yang tepat dan pastinya dilakukan secara terjadwal agar pertumbuhannya sesuai.

  1. Beri tanaman pendamping

Jika Anda sudah memahami cara menanam tanaman herbal di pekarangan rumah, jangan lupakan untuk menggabungkannya dengan beberapa jenis tanaman lainnya di sekitar tempat menanam tanaman herbal.

Tanaman herbal akan dapat tumbuh dengan lebih subur ketika menggabungkannya dengan tanaman pendamping. Misalnya Anda bisa menggabungkan beberapa tanaman seperti kemangi, tomat dan paprika secara berdekatan.

  1. Singkirkan hama

Setiap jenis tanaman herbal pasti memiliki caranya sendiri-sendiri untuk mengusir hama tertentu. Misalnya untuk jenis daun mint bisa mengusir nyamuk serta kuku daun yang mengganggu.

Contoh lainnya adalah sage yang dapat mengusir lalat dan kumbang. Selain itu, tanaman rosemary juga dapat mengusir semua jenis serangga yang mengganggu pertumbuhannya selama di media tanam.

Memahami berbagai hal yang berkaitan dengan budidaya tanaman herbal akan membuat Anda bisa menciptakan rumah yang sehat. Karena hal itulah hal pertama penting dilakukan untuk memahami cara menanam tanaman herbal.

Leave a Reply

Your email address will not be published.